Sebuah program adalah daftar intruksi secara rinci. Sebuah program hanyalah sederetan intruksi yang memberitahukan komputer tentang tindakan yang harus dilakukannya. Komputer tidak dapat berpikir, komputer hanya dapat menjalankan permintaan Anda di dalam program yang Anda tulis. Tanpa program komputer tidaklah berguna.
Sebuah
program bagi komputer adalah seperti resep bagi juru masak. Sebuah resep tidak
lebih dari sebuah program (deretan intruksi) yang memberitahukan juru masak
tentang hal yang harus dilakukannya. Hasil dari resep adalah masakan jadi, dan
hasil dari program adalah aplikasi seperti pengolah kata atau program
penggajian. Dengan sendirinya, komputer tidak mengetahui cara menjadi pengolah
kata. Dengan mengikuti sederetan intruksi rinci yang ditulis seorang pemrogram,
komputer membentuk tindakan-tindakan yang perlu untuk melaksanakan pengolah
kata.
Jika
Anda menginginkan komputer membantu anggaran rumah tangga Anda, menyimpan
nama-nama dan alamat atau memainkan suatu permainan solitaire, Anda harus memasok sebuah program, sehingga komputer
mengetahui cara melakukan hal-hal tersebut. Anda dapat membeli program atau
menulisnya sendiri. Ada beberapa keuntungan dalam membuat program Anda sendiri.
Bilamana Anda membuat sendiri, program Anda akan melakukan persis dengan yang Anda
inginkan (harapan Anda). Sekalipun akan menjadi naif untuk mencoba membuat
setiap program yang perlu Anda pakai (selain tidak ada waktu, dipasaran banyak
sekali program yang bagus), beberapa aplikasi sangatlah spesifik sehingga Anda
tidak dapat menjumpai program yang bekerja persis seperti yang Anda inginkan.
Proses pemrograman
Jika
anda ingin menulis program, darimana anda memulainya? Sebelum menghadap keyboard dan mengetiknya, seorang
pemrogram yang baik akan melaksanakan beberapa langkah:
- Memutuskan yang akan dikerjakan. Sebelum menulis sebaris kode, anda perlu memahami yang akan anda coba kerjakan. Organisasi yang besar memperkejakan analisis sistem untuk memahami proses bisnis dan mendokumentasikannya ke dalam bentuk yang dipahami oleh tim pemrogram.
- Merancang program. Hal ini merupakan tempat pemrogram memutuskan bagaimana program akan bekerja. Ada dua sisi dari hal ini: pertama, bagaimana pemakai program akan mengunakannya (sebagai contoh, akankah ada menu untuk membantupemakai, akankah program memberikan laporan, seperti apa betuknya)? Kedua, cara apa yang terbaik untuk menulis program? Juga, didalam organisasi yang besar, kemungkinan ada perancang yang tugasnya yang semata-mata untuk memutuskan bagaimana program sebaiknya bekerja dan mendoumentasikannya kedalam cara yang memungkinkan pemrogram dengan mudah memmindahkan deskripsi kedalam program yang dapat bekerja.
- Kemudian pemrogram menterjemahkan rancangan berupa cara program seharunya bekerja, dalam bentuk intruksi langkah demi langkah yang dipahami komputer. Proses ini seringkali disebut pengkodean.
- Selanjutnya pemrogram menguji program selengkapnya. Perbedaan antara sebuah program yang baik antara program yang jelek kerap kali pada jumlah usaha yang digunakan pada tahapan ini. Seorang pemrogram yang baik pun akan melakukan kesalahan di dalam pengkodean program-program mereka. Hal ini merupakan tugas dari pemrogram untuk menemukan kesalahan-kesalahan tersebut.
Sumber:
Visual C++ Dalam 12 Pelajaran Yang Mudah,
by Greg Perry & Ian Spencer
Posting Komentar