"TIDAK ADA NIAT UNTUK MENGAJARI, HANYA UNTUK BERBAGI"

Pengenalan Pemrograman

Selasa, 04 Maret 20140 komentar

Sebuah program adalah daftar intruksi secara rinci. Sebuah program hanyalah sederetan intruksi yang memberitahukan komputer tentang tindakan yang harus dilakukannya. Komputer tidak dapat berpikir, komputer hanya dapat menjalankan permintaan Anda di dalam program yang Anda tulis. Tanpa program komputer tidaklah berguna.
           Sebuah program bagi komputer adalah seperti resep bagi juru masak. Sebuah resep tidak lebih dari sebuah program (deretan intruksi) yang memberitahukan juru masak tentang hal yang harus dilakukannya. Hasil dari resep adalah masakan jadi, dan hasil dari program adalah aplikasi seperti pengolah kata atau program penggajian. Dengan sendirinya, komputer tidak mengetahui cara menjadi pengolah kata. Dengan mengikuti sederetan intruksi rinci yang ditulis seorang pemrogram, komputer membentuk tindakan-tindakan yang perlu untuk melaksanakan pengolah kata.
        Jika Anda menginginkan komputer membantu anggaran rumah tangga Anda, menyimpan nama-nama dan alamat atau memainkan suatu permainan solitaire, Anda harus memasok sebuah program, sehingga komputer mengetahui cara melakukan hal-hal tersebut. Anda dapat membeli program atau menulisnya sendiri. Ada beberapa keuntungan dalam membuat program Anda sendiri. Bilamana Anda membuat sendiri, program Anda akan melakukan persis dengan yang Anda inginkan (harapan Anda). Sekalipun akan menjadi naif untuk mencoba membuat setiap program yang perlu Anda pakai (selain tidak ada waktu, dipasaran banyak sekali program yang bagus), beberapa aplikasi sangatlah spesifik sehingga Anda tidak dapat menjumpai program yang bekerja persis seperti yang Anda inginkan.

Proses pemrograman

     Jika anda ingin menulis program, darimana anda memulainya? Sebelum menghadap keyboard dan mengetiknya, seorang pemrogram yang baik akan melaksanakan beberapa langkah:
  1. Memutuskan yang akan dikerjakan. Sebelum menulis sebaris kode, anda perlu memahami yang akan anda coba kerjakan. Organisasi yang besar memperkejakan analisis sistem untuk memahami proses bisnis dan mendokumentasikannya ke dalam  bentuk yang dipahami oleh tim pemrogram.
  2. Merancang program. Hal ini merupakan tempat pemrogram memutuskan bagaimana program akan bekerja. Ada dua sisi dari hal ini: pertama, bagaimana pemakai program  akan mengunakannya (sebagai contoh, akankah ada menu untuk membantupemakai, akankah program memberikan laporan, seperti apa betuknya)? Kedua, cara apa yang terbaik untuk menulis program? Juga, didalam organisasi yang besar, kemungkinan ada perancang yang tugasnya yang semata-mata untuk memutuskan bagaimana program sebaiknya bekerja dan mendoumentasikannya kedalam cara yang memungkinkan pemrogram dengan mudah memmindahkan deskripsi kedalam program yang dapat bekerja. 
  3. Kemudian pemrogram menterjemahkan rancangan berupa cara program seharunya bekerja, dalam bentuk intruksi langkah demi langkah yang dipahami komputer. Proses ini seringkali disebut pengkodean.
  4. Selanjutnya pemrogram menguji program selengkapnya. Perbedaan antara sebuah  program yang baik antara program yang jelek kerap kali pada jumlah usaha yang digunakan pada tahapan ini. Seorang pemrogram yang baik pun akan melakukan kesalahan di dalam pengkodean program-program mereka. Hal ini merupakan tugas dari pemrogram untuk menemukan kesalahan-kesalahan tersebut.
         Sumber: Visual C++ Dalam 12 Pelajaran Yang Mudah, by Greg Perry & Ian Spencer
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : KOLOT | Creating Website | KOLOT Teamplate | KOLOT | KOLOT
Copyright © 2013. KOTAK::ILMU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by KOLOT
Proudly powered by Blogger